Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Lab EMC P2SMTP-LIPI Terima Rombongan METI/MIDEC


Setelah P2SMTP-LIPI mengikuti acara Seminar on Standards and Conformance for Electrical and Electronic Equipment yang diselenggarakan di Hotel Nikko Jakarta, pada tanggal 23-24 Februari 2010 yll, seperti direncanakan, tim METI/MIDEC Jepang telah mengunjungi laboratorium EMC P2SMTP-LIPI pada hari Selasa, 2 Maret 2010 yang lalu.

Seminar maupun kunjungan laboratorium diselenggarakan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, yang lebih terkenal dengan sebutan METI (Ministry of Economic, Trade and Industry). Sedangkan programnya diberi nama MIDEC (Manufacturing Industry Development Center), yang merupakan salah satu bentuk kerja sama Indonesia-Jepang, sebagai implementasi perjanjian kemitraan ekonomi kedua negara dalam program Japan-Indonesia Economic Partnership Agreement (JIEPA), seiring dengan terbukanya akses pasar global. Jepang menyatakan komitmennya untuk mendukung MIDEC melalui dua skema pendanaan yakni ODA (Overseas Development Assistance) dan skema METI, yang merupakan skema khusus dan terobosan baru.

Rombongan METI/MIDEC terdiri dari empat orang, yaitu Ms. Ayako Fukuyama (METI), Mr. Tsuneyaki Sato (JET), Mr. Shinichi Mizuta (MRI) dan Ms. Noriko Kawamura (MRI), serta seorang penerjemah. Sedangkan P2SMTP-LIPI sebagai tuan rumah diwakili oleh Ir.Puji Winarni, M.A (kapus), Dr. Dini Andiani (Kepala BTP), Harini Kuntjahjani M.Eng (Kepala BKJ), dan beberapa peneliti Lab EMC.

Maksud kunjungan tim METI/MIDEC adalah untuk mendapatkan data tentang laboratorium pengujian P2SMTP-LIPI yang berhubungan dengan pengujian produk elektrik dan elektronik, yaitu meliputi data-data berapa personil laboratorium, anggaran dalam setahun, hubungan dengan lembaga sertifikasi dan laboratorium pengujian lainnya, serta program kegiatan yang dilakukan oleh laboratorium dalam setahun. Pengisian data dilakukan dengan metoda tanya jawab.

Pihak P2SMTP-LIPI menyampaikan bahwa masih diperlukan usaha peningkatan kemampuan/kompetensi personil penguji dalam bentuk pelatihan, baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Juga tentang peralatan pengujian, yang dirasakan masih perlu lebih dilengkapi lagi, karena keterbatasan anggaran dari pemerintah untuk melengkapi peralatan-peralatan uji yang sudah ada. Pihak METI menjawab bahwa di tahun 2010 tidak ada skema bantuan anggaran untuk pembelian peralatan uji, yang ada adalah bantuan tenaga ahli bidang pengujian produk elektrik dan elektronik dari jepang ke Indonesia.

Setelah pengisian data dan diskusi, kunjungan diakhiri dengan melihat fasilitas laboratorium pengujian untuk produk elektrik dan elektronik.

Diposting oleh AFS Pada 10-Maret-2010 20:49:53

Kembali Share via facebook

   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id