Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Sistem Manajemen Mutu Untuk Menyukseskan Program MDGs

Acara peluncuran buku yang digelar pada hari senin, tanggal 31 jan 2011 yang bertajuk “MDGs Sebentar Lagi: Sanggupkah Kita Menghapus Kemiskinan di Dunia” (Kompas, 2010) yang diikuti oleh salah satu peneliti peneliti P2SMTP LIPI, Drs. Sugiono, yang diselenggarakan oleh Alumni ITB Angkatan 75 bekerjasama dengan Penerbit Kompas di Gedung Museum Nasional, Jl. Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat.

Dalam acara tersebut, di samping 11 penulis buku yang semuanya merupakan profesor yang tergabung dalam keluarga Alumni ITB Angkatan 75, turut hadir pula beberapa panelis lain seperti Meutia-Hatta Swasono dan Komaruddin Hidayat. Acara peluncuran buku yang dibuka oleh Menko Kesra, Agung Laksono, tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam Reuni Akbar 35 tahun ITB Angkatan 75.

Secara umum buku ini berisi kajian dari 11 profesor alumni ITB angkatan 75 mengenai pelaksanaan program MDGs. 11 Artikel ilmiah yang dari berbagai sudut pandang keilmuan ini diharapkan mampu memberikan sumbangan keilmuan dalam rangka mendukung suksesnya penerapan agenda MDGs di Indonesia—bahkan dunia. 4 di antara 11 artikel tersebut, antara lain: Tantangan Peran Pendidikan Tinggi di Masa Depan, Teknologi Untuk Pembangunan Berkelanjutan, Pendekatan Sistem dalam Pertumbuhan dan Pengembangan Perusahaan, dan Pemberdayaan Peran Perempuan di Bidang Politik Dalam Perspektif Historis.

Menurut Meutia-Hatta Swasono, salah satu pembahas buku tersebut, kehadiran buku ini merupakan sumbangsih penting bagi para intelektual, akademisi, maupun pengambil kebijakan dalam rangka menentukan sikap dan kebijakan yang paling tepat dalam rangka mensukseskan program MDGs. “Buku ini merupakan karya gemilang yang mencerahkan. Buku ini dapat menjadi masukan penting untuk menyusun kebijakan publik demi kemajuan dan kemakmuran bangsa ini.” ujarnya.

Di samping peluncuran buku tersebut, dalam acara ini turut disampaikan pula presentasi dari Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri terkait pelaksanaan program MDGs di Indonesia. Di akhir acara, diberikan 10 penghargaan bagi 10 gubernur yang dianggap berhasil turut mensukseskan program MDGs di daerahnya masing-masing.

Berkaitan dengan MDGs ini, Drs. Sugiono, peneliti P2SMTP LIPI yang juga tergabung dalam alumni ITB Angkatan 75, berpendapat bahwa sebaiknya lembaga-lembaga terkiat yang bertanggung jawab pada pelaksaan program MDGs ini menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) atau sistem manajemen lainnya agar penerapannya lebih terpantau dan terlaksana dengan baik. “Ada 8 agenda MDGs meliputi pengentasan kemiskinan dan kelaparan, penyelenggaraan pendidikan universal, kesetaraan gender, kesehatan anak, kesehatan ibu, penanggulangan HIV/AIDS, pembangunan berkelanjutan dalam bidang lingkungan hidup, dan kemitraan global, yang seluruhnya merupakan agenda penting dan harus terlaksana dengan baik,” komentar Drs. Sugiono, “agar agenda-agenda tersebut dapat terlaksana dengan baik oleh masing-masing lembaga yang menanganinya, sebaiknya turut diterapkan sistem manajemen mutu atau sistem manajemen lain yang setara.” tambahnya.

Terakhir, Drs. Sugiono berharap isu-isu global yang sangat penting semacam MDGs ini sudah saatnya mulai diperhatikan oleh para peneliti berbagai bidang, termasuk sistem manajemen mutu, agar dapat turut memberikan sumbangsih keilmuan bagi terlaksananya 8 agenda MDGs. Mudah-mudahan sivitas P2SMTP LIPI dapat menggiatkan kajian-kajian keilmuan, diskusi, maupun penelitian di bidang sistem mutu dan teknologi pengujian dalam merespon isu-isu global yang terus berkembang. (SG, FP, JAK)

Diposting oleh SG, FP Pada 04-Februari-2011 20:14:39

Kembali Share via facebook

   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id