Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

LABORATORIUM TEKNOLOGI PENGUJIAN PERALATAN KELISTRIKAN RUMAH TANGGA DAN INDUSTRI

Seiring dengan perkembangan teknologi dan era perdagangan bebas, terutama untuk produk-produk peralatan elektronik, rumah tangga dan industri, perbaikan kualitas dan keamanan produk merupakan dua hal yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing suatu produk. Untuk menjamin dua hal ini, pengujian merupakan salah satu mata rantai penting dalam keseluruhan proses penciptaan suatu produk yang memenuhi standar. Laboratorium Teknologi Pengujian Peralatan Kelistrikan Rumah Tangga dan Industri Bidang Teknologi Pengujian P2SMTP-LIPI adalah suatu lembaga yang mengembangkan kompetensinya dalam penelitian sistem dan metoda pengujian peralatan rumah tangga dan industri. Standar yang diacu antara lain ialah seri Standar IEC 60335 – Households and Similar Electrical Appliances – Safety, untuk peralatan rumah tangga seperti kipas angin, mesin cuci, lemari es, seterika listrik serta oven microwave, dan IEC 60065 – Audio Video and Similar Electronic Apparatus – Safety Requirement, untuk peralatan audio video seperti televisi dan DVD player.

Kompetensi:

  1. Uji Efek Kelistrikan
  2. Uji Efek Lingkungan
  3. Uji Bahan.

Peralatan yang dimiliki :

  • Leakage Current Tester :
    Alat ini berfungsi untuk mengukur besarnya arus bocor yang mengalir melalui bagian peralatan elektronik yang mudah tersentuh tangan, misalnya bagian chasing dan pin-pin masukan-keluaran sinyal pada peralatan kelistrikan rumah tangga, peralatan IT, maupun peralatan medis. Alat ini mampu mengukur arus dari 1 μA hingga 250 mA. Pengujian kebocoran arus dilakukan untuk menjamin keselamatan bagi pengguna peralatan elektronik dari bahaya aliran arus listrik yang melewati ambang batas. Alat ini dapat digunakan untuk melakukan pengujian berdasarkan seri Standar JIS maupun seri standard IEC.
  • Earth Continuity Tester :
    Alat ini berfungsi untuk melakukan uji ketersambungan pembumian pada peralatan kelistrikan rumah tangga. Alat Dilengkapi 20 preset setting sesuai standard untuk uji keamanan pengujian peralatan rumah tangga, alat kesehatan, alat teknologi informasi dan instrumen pengukur lainnya.
  • Three-phase Power Quality Analyzer :
    Alat ini dapat digunakan untuk menganalisa profil kualitas daya, tegangan, dan arus listrik pada sutu peralatan listrik, kelistrikan industri maupun pada gardu induk unit pembangkit listrik. Beberapa parameter listrik yang dapat diukur antara lain dip, swell, harmonik, energi, faktor daya, flicker, transient, dan unbalance. Alat ini memiliki kemampuan dalam pengukuran arus hingga 400 A dan tegangan hingga 1000 Vrms. Alat ini juga dapat merekam profil daya yang terjadi selama 450 hari.
  • IR Flexcam Thermal Imager :
    Alat ini berfungsi sebagai pengukur suhu suatu luasan permukaan. Cara kerjanya seperti kamera digital yang dilengkapi dengan data suhu di tiap pikselnya. Alat ini dapat digunakan untuk membantu dalam analisis perancangan rangkaian elektronika, predictive maintenance pada peralatan industri, dan analisis pola suhu pada produk industri. Alat ini mempunyai kemampuan untuk mengukur suhu dalam rentang -20°C sampai 600°C.
  • Portable Hardness Tester :
    Digunakan untuk menguji kekerasan bahan logam. Alat ini memiliki rentang pengukuran 200 - 960 HL, 17.9 - 68.5 HRC, 59.6 - 99.5 HRB, 93 -651 HB, 83 - 976 HV, 32.2 - 99.5 HSD.
  • Force Gauge :
    Dapat digunakan untuk memberikan gaya tekan atau tarik hingga 5 N pada pengujian alat-alat kelistrikan rumah tangga berdasarkan Standard IEC 60335.
  • Impact Tester :
    Alat ini dapat digunakan untuk melakukan uji keamanan terhadap benturan benda keras pada peralatan kelistrikan rumah tangga yang menyebabkan bahaya sengatan listrik dan luka gores.
  • Modular Precision Sound Analyzer :
    Alat ini dapat digunakan untuk mengukur intensitas bunyi hingga 130dB. Juga dilengkapi dengan spectrum analyzer untuk menganalisa sinyal audio yang diterima. Alat ini dapat digunakan untuk pengukuran kebisingan lingkungan dan peralatan industri.
  • Noise Dose Meter :
    Alat ini berfungsi untuk mengukur besarnya intensitas kebisingan yang diterima oleh seseorang selama bekerja. Dilengkapi dengan tujuh setup pengukuran berdasarkan standard kebisingan di tempat kerja seperti : OSHA, MSHA, DOD, ACGIH (USA Standards) ISO 85a, dan ISO90a (International Standards).
  • Precision Infrared Thermometer :
    Alat ini berfungsi untuk mengukur suhu suatu titik dari jarak jauh menggunakan teknologi inframerah dengan pemandu bidik 3 titik laser. Termometer ini mampu mengukur suhu dari -30oC ingá 900oC. Alat ini dapat digunakan dalam perancangan rangkaian elektronika, predictive maintenance pada gardu induk, peralatan transmisi tenaga listrik maupun pada peralatan industri.
  • Conductivity Meter :
    Alat ini berfungsi untuk mengukur konduktifitas cairan dengan kemampuan pengkuran dari 0.1 μS/cm hingga 199.9 mS/cm
  • Isolated Amplifier :
    Isolated amplifier berfungsi untuk menguatkan sinyal dengan gain hingga 1000 kali. Alat ini dapat digunakan sebagai penguat sinyal masukan audio untuk memberikan kondisi normal pada pengujian peralatan audio-video.
  • Nanovolt/Micro-Ohm Meter :
    Alat ini berfungsi untuk mengukur tegangan dalam satuan nanovolt dan resistansi dalam satuan microOhm. Alat ukur dengan sensitivitas 100pv/100nļ— ini, dapat digunakan dalam perancangan dan analisis rangkaian elektronika.
  • Milliohm Meter :
    Milliohm meter ini berfungsi untuk mengukur resistansi, reaktansi, induktansi dan impedansi suatu komponen elektronik. Alat ukur dengan resolusi 5 digit ini mampu mengukur hambatan dari 10μļ— hingga 100kļ—. Alat ini dapat digunakan dalam pengujian temperatur lilitan motor menggunakan metoda pengukuran resistansi kumparan.
  • RCL Meter :
    Alat ini dapat digunakan untuk mengukur berbagai parameter kelistrikan seperti Impedansi/resistansi AC, Resistansi DC, kapasitansi, induktansi, quality factor, dessipation factor, sudut fase, tegangan dan arus.
  • Gigahertz Oscilloscope :
    Oscilloscope dengan kemampuan menganalisa sinyal dengan frekuensi hingga 3 GHz ini dapat digunakan dalam perancangan rangkaian elektronik, analisis sinyal radio, maupun komponen elektronik.
  • Walk in Chamber :
    Alat ini berfungsi untuk memberikan pengujian efek temperatur dan kelembaban terhadap suatu produk dengan rentang kemampuan dari -40oC sampai dengan +80oC untuk temperatur dan RH 10 persen sampai dengan 95 persen. Sedangkan ruangan dalam chamber sendiri memiliki dimensi 4,07 m x 4,07 m x 2,10 m. Untuk pemantauan temperatur di dalam chamber, selain dapat direkam melalui Recorder yang sudah terintegrasi dengan chamber, juga dapat dilakukan dengan memasang termokopel di dalam chamber yang sudah terhubung pada Data Logging System dengan kapasitas sampai 120 channel.
  • Thermal Shock Chamber :
    Alat ini berfungsi untuk memberikan pengujian efek perubahan temperatur secara drastis (shock) dari temperatur rendah ke temperatur tinggi atau sebaliknya terhadap suatu produk dengan rentang kemampuan dari +60oC sampai +200oC untuk suhu tinggi dan -65oC sampai dengan 0oC untuk suhu rendah. Ruangan dalam chamber berdimensi 0,9 m x 0,6 m x 0,45 m dengan beban maksimum UUT 30 kg.
  • Mesin Vibrasi :
    Alat ini berfungsi untuk memberikan pengujian efek getaran terhadap suatu produk sebagai simulasi dari pengaruh transportasi, mesin ataupun gempa bumi. Alat ini mampu memberikan getaran pada kisaran frekuensi 1 Hz sampai 6500 Hz dengan metode sweep atau konstan dan akselerasi sampai 120 g. Arah getaran bisa vertikal (Z-axis) dan horizontal (X-axis & Y-axis). Beberapa produk telah diuji di laboratorium efek lingkungan ini, terutama peralatan rumah tangga dan industri, seperti KWH meter, TV, radio, refrigerator, regulator tekanan rendah LPG, spare part mobil dll. Adapun standar yang digunakan ialah IEC standards, SNI, JIS dan standar-standar lain berdasarkan permintaan Customer.
  • Glow Wire Tester :
    Pengujian glow wire (kawat pijar) merupakan salah satu uji bahaya api terhadap bahan-bahan isolasi padat atau bahan lainnya yang mudah terbakar. Pengujian ini dimaksudkan untuk menentukan kekuatan bahan yang diuji terhadap kemungkinan terbakar oleh suatu sumber panas dari luar, seperti elemen-elemen pijar, resistor yang overload, kawat yang panas dsb. Pada dasarnya pengujian dilakukan dengan memanaskan kawat pijar sampai temperatur tertentu kemudian ditempelkan pada bahan (specimen) yang akan diuji. Standar yang diacu oleh alat ini ialah IEC 60695-2-10 dan standar-standar lainnya yang memerlukan uji Glow Wire.
  • Burn Tester & Needle-flame Burner :
    Pengujian needle flame (api jarum) dimaksudkan untuk mensimulasikan pengaruh dari api kecil yang mungkin dihasilkan karena kondisi fault yang terjadi pada suatu peralatan berbasis kelistrikan. Specimen uji bisa berupa suatu alat yang utuh, komponen atau potongan bahan dari suatu alat. Standar yang diacu oleh alat ini ialah IEC 60695-2-2.
  • Tracking Test Apparatus :
    Tracking ialah proses pembentukan jalur konduksi pada suatu bahan isolasi padat yang disebabkan oleh efek kombinasi dari tegangan listrik dan kontaminasi suatu larutan elektrolit. Tracking test merupakan pengujian untuk menentukan nilai Proof Tracking Indices (PTI) dan Comparative Tracking Indices (CTI) dari suatu bahan isolasi padat yang berupa potongan bagian sebuah alat atau tanda-tanda peringatan pada bahan yang menggunakan tegangan AC. Standar yang diacu oleh alat ini ialah IEC 60112.
  • Ball Pressure Test Apparatus :
    Ball pressure test adalah metode untuk menguji ketahanan terhadap panas dari suatu bahan nonlogam. Pengujian dapat dilakukan pada komponen atau bagian dari suatu peralatan elektronik atau bahan-bahan isolasi padat selain keramik. Uji ini dilakukan dengan memberikan gaya yang telah ditentukan melalui sebuah bola baja yang disimpan di atas spesimen uji pada temperatur tertentu pula. Untuk mencapai temperatur ini maka pengujian dilangsungkan di dalam oven. Standar yang diacu ialah IEC 60695-10-2.

Diposting oleh jak Pada 01-Juli-2013 23:06:04

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id