Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Memahami Kualitas dan Pelayanan mHealth

Hadirnya mHeatlh (mobile health), aplikasi kesehatan pada mobile phone mentranformasi layanan kesehatan menjadi lebih mudah diakses dan dijangkau (Akter dkk, 2010). Dengan kata lain, mHealth memungkinkan pemberian layanan kesehatan yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Lebih lanjut, saat ini mHealth sangat populer dan telah digunakan dibeberapa negara, Fonemed di USA, Healthline di Bangladesh, Teledoctor di Pakistan dan beberapa negara lainnya (Akter dkk, 2010).

Walaupun mHealth saat ini sangat populer terutama di negara berkembang, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan, yaitu berkaitan dengan kepercayaan konsumen terkait kualitas layanan yang diberikan (Akter dkk, 2010). Tidak dapat dipungkiri bahwa persepsi tentang kualitas mempunyai efek besar terhadap kecenderungan orang untuk tetap menggunakan atau beralih ke pelayanan lainnya yang sejenis. Pertanyaannya adalah bagaimanakah persepsi kualitas layanan seseorang terbentuk untuk konteks layanan mHealth?

Untuk menjawab persoalan tersebut, Shahriar Akter dkk (2010) dari fakultas bisnis niversitas New South Wales telah mencoba membangun model kualitas pelayanan hierarki untuk layanan mHealth (mobile health). Dalam tulisannya, yang dimuat dalam jurnal Electronic Markets volume 20 nomor 3-4 dengan judul “Service Quality of mHealth: development and validation of a hierarchical model using PLS”, mereka melakukan penelitian dengan metode gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Studi kualitatif dilakukan dengan 3 focus group dimension (FGD) dan 10 depth interviews (DI) dengan konsumen mobile telemedicine Bangladesh untuk mengetahui struktur dimensional dari kualitas pelayanan.  Setelah itu, studi kuantitatif dilakukan dengan data yang dikumpulkan dari 7 Januari – 17 Maret 2010 terhadap 290 konsumen yang telah mempunyai pengalaman menggunakan layanan mobile telemedicine yang disediakan oleh Grameen Phone (salah satu penyedia layanan terbesar di Bangladesh dengan 24 ribu pelanggan) dalam kurun waktu 12 bulan (Sih Damayanti)

Diposting oleh hard Pada 06-Agustus-2016 19:51:53

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id