Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Faktor-Faktor Kritis Penerapan ISO 9001

Telah umum diketahui bahwa kualitas merupakan aspek mendasar yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat bertahan dan bahkan memenangkan persaingan bisnis (Magd dkk., 2003). Hal ini berlaku tidak hanya bagi perusahaan besar tetapi juga perusahaan-perusahaan yang dapat dikategorikan sebagai Industri Kecil dan Menengah (IKM). Dalam kaitan itu, perusahaan-perusahaan IKM juga perlu untuk mengembangkan sistem manajemen kualitas, diantaranya dengan penerapan standar sistem manajemen mutu ISO 9001. Mengingat hal itu, menjadi penting untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan apa sajakah faktor-faktor kritis yang menentukan kesuksesan ISO 9001 pada perusahaan IKM?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian yang dilakukan oleh Evangelos L. Psomas, Christos V. Fotopoulos dan Dimitrios P. Kafetzopoulos dan diterbitkan dalam jurnal Managing Service Quality Volume 20 Nomor 5 Tahun 2010 dengan judul “Critical factors for effective implementation of ISO 9001 in SME service companies” menjadi penting untuk disebutkan. Psomas dan kawan-kawan melakukan penelitian dengan metodologi penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan kuesioner. Responden penelitian tersebut adalah para manajer senior yang bertanggung jawab terhadap manajemen kualitas pada 93 perusahaan IKM bidang jasa di Yunani.

Hasil penelitian Psomas dan kawan-kawan menunjukkan bahwa terdapat lima faktor kritis yang akan mendorong perusahaan IKM dapat sukses dalam menerapkan ISO 9001. Faktor kritis yang pertama adalah adanya motivasi internal yang dimiliki oleh perusahaan IKM. Dalam hal ini, perusahaan-perusahaan IKM harus memastikan bahwa motivasi yang mereka miliki untuk menerapkan ISO 9001 adalah untuk keperluan peningkatan kinerja internal perusahaan. Dalam literatur manajemen kualitas, memang telah diakui bahwa motivasi penerapan ISO 9001 dapat terbagi menjadi dua macam motivasi, yaitu motivasi eksternal yang lebih mementingkan citra dan kepentingan pemasaran serta motivasi internal yang menekankan pada peningkatan kinerja perusahaan (Sampaio dkk., 2009).

Faktor kedua yang perlu diperhatikan oleh perusahaan IKM agar sukses dalam menerapkan ISO 9001 adalah atribut yang dimiliki oleh perusahaan IKM tersebut. Secara lebih spesifik, Psomas dan kawan-kawan mengungkap bahwa perusahaan IKM tersebut harus memastikan ketersediaan perlengkapan, peralatan, maupun infrastruktur yang dibutuhkan. Hal ini juga dapat didukung dengan ketersediaan teknologi.

Atribut karyawan merupakan faktor ketiga yang perlu diperhatikan oleh perusahaan IKM agar sukses dalam menerapkan ISO 9001. Faktor ini mencakup ketersediaan karyawan yang memiliki kompetensi memadai dan juga adanya keterlibatan karyawan dalam penerapan ISO 9001. Psomas dan kawan-kawan juga menekankan tentang pentingnya pelatihan bagi karyawan perusahaan IKM.

Faktor keempat yang perlu diperhatikan oleh perusahaan IKM agar sukses dalam menerapkan ISO 9001 adalah persyaratan sistem kualitas. Dalam hal ini, menurut Psomas dan kawan-kawan, faktor ini berhubungan kemampuan perusahaan dalam menciptakan kondisi yang sesuai untuk memenuhi persyaratan ISO 9001. Hal ini mencakup sumber daya keuangan, waktu serta paperwork yang diperlukan.

Akhirnya, penelitian Psomas dan kawan-kawan mengungkap bahwa faktor terakhir yang perlu diperhatikan oleh perusahaan IKM agar sukses dalam menerapkan ISO 9001 adalah atribut lingkungan eksternal dari perusahaan. Lebih jelas, Psomas dan kawan-kawan menekankan tentang pentingnya awareness perusahaan terhadap faktor-faktor eksternal yang mungkin mempengaruhi perusahaan. Hal ini diantaranya tekanan kompetitor, tekanan pelanggan, maupun keterlibatan pemerintah ataupun pemegang kewenangan lainnya.            

*Penulis merupakan peneliti madya pada Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian. Ia merupakan anggota kelompok penelitian manajemen mutu. Tulisan-tulisannya tentang standar ISO telah dimuat pada berbagai publikasi ilmiah nasional dan internasional, diantaranya International Journal of Quality and Service Science dan International Journal of System Assurance Engineering and Management. (Sik Sumaedi)

EDISI : #3/I/September 2015

 

Diposting oleh Hard Pada 24-Agustus-2016 19:47:21

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id