Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Pelanggan Butuh dan Harap P2SMTP - LIPI

8 Maret 2017, Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) LIPI mengadakan forum groups of discussion (FGD) “Stakeholders Needs and Expectations” bersama dengan pemangku kepentingan, gedung 417, Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan. Pertemuan FGD untuk menyampaikan kemampuan P2SMTP – LIPI kepada stakeholders tentang penelitian, pengujian, pelatihan, bimbingan teknis, kerja sama penelitian, dan sertifikasi personil (SP) – LIPI.

 “Kami mengharapkan bapak ibu memberikan masukkan yang sebanyak-banyaknya. Apa saja yang diperlukan dari kami. Dan apa yang perlu kami kembangkan pada masa yang akan datang”, sambutan Kepala P2SMTP – LIPI Agus Fanar Syukri.

“Dengan forum ini para pelanggan dapat semakin maju karena kita dapat berinteraksi dan berkolaborasi, bersinergi bahkan berkompetisi”, harap Agus Fanar.

Acara dilanjutkan dengan sekilas kemampuan LIPI dan P2SMTP – LIPI, oleh Kabid Pelayanan SMTP Dianita Adiwirjono, “Kami harus menyampaikan LIPI secara cooperate  dengan Visi kami tahun ini (2017-2019) adalah menjadi acuan nasional di bidang penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan sistem manajemen mutu untuk UKM. Dan teknologi pengujian berbasis kelistrikan, untuk meningkatkan daya saing bangsa”.

“Sedangkan  Misi kami (2015-2019) adalah menciptakan invensi dan inovasi, dan mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan  pada bidang sistem mutu dan teknogi pengujian. Juga meningkatkan kemampuan nasional dan internasional dalam bidang SM dan TP,” jelas bu Dian.

SMTP ada lima cord : Penelitian, pengujian [EMC, alat kesehatan, alat rumah tangga, dan sebagainya], pelatihan [ISO 9001, ISO 17025, Majemen risiko, dan seterusnya, termasuk memberikan bimbingan teknis], SP [para auditor terdaftar, setiap tahunnya diadakan sarasehan dan pelatihan guna meningkatkan para auditor], kerja sama penelitian [membantu memberikan solusi dilapangan]

Dihadiri 35 orang pemangku kepentingan yang terdiri dari Industri, pemerintahan, swasta, kementerian, BUMN, dan anggota dewan; FGD dipandu langsung oleh Kapus SMTP – LIPI.

Ada dua hal yang diangkat dalam forum ini:

  1. Needs, yaitu apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan pada masing-masing institusi.
  2. Expectation, yaitu apa saja harapan masing-masing institusi terhadap LIPI dan harapan terhadap P2SMTP – LIPI.

Dari hasil diskusi para peserta, dapat dicatat beberapa hal sebagai berikut:

Pertama:  Stakeholders memerlukan sesuatu yang P2SMTP – LIPI miliki, yaitu ada penelitian, pelatihan, pengujian, sertifikasi personel, dan kerja sama penelitian.

Kedua: Dalam pengelolaan sumber daya, untuk mewujudkan SDM yang lebih baik -- pemda bersama kawan-kawan di P2SMTP-LIPI -- bekerja sama bagaiman pelanggan dilatih agar SDM-nya inovatif dan sebagainya.

Ketiga: “Kami melihat bahwa LIPI  sudah mumpuni, kami berharap  selain membina UKM kami juga minta dibina walupun kami sudah dibina oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Kami perlu ilmu dari teman-teman P2SMTP – LIPI,” tutur salah satu peserta.

Keempat: Agar ada tindak lanjutnya penyebaran informasi secara berkala melalui berbagai link seperti ada nya penyelenggaraan pelatihan. (HARD)

Diposting oleh hard Pada 09-Maret-2017 13:26:01

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id