Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Raker P2SMTP LIPI 2017: Respon Butuh dan Harap Pelanggan

“Dengan mengusung tema ‘Merespon kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan P2SMTP – LIPI, saya kira ini sebuah tema yang pas, bagaimana kita memberikan sebuah layanan yang terbaik; dan bagaimana kita dapat memberikan hasil-hasil LIPI,” jelas Pelaksana Tugas (plt) Deputi Bidang Jasa Ilmiah (jasil), Mego Pinandito dalam penutupan raker P2SMTP – LIPI.

28 – 30 Maret 2017, Pusat Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) LIPI melaksanakan Rapat kerja (Raker) 2017 yang berlangsung di Hotel Royal Tulip, Gunung Geulis-Bogor. Raker ini dihadiri oleh seluruh sivitas P2SMTP LIPI dan Deputi Jasil.

Dalan sambutannya, Kepala P2SMTP – LIPI, Agus Fanar Syukri “Kita merefleksikan kembali kehadiran P2SMTP – LIPI 2005. Kilas balik P2SMTP -LIPI 2005 – 2017, “ ungkap pak Kapus. Organisasi sudah ada sebelum 1997 dari Badan Standardisasi Nasional (BSN). Diawali dengan Pusat Standardisasi (Pustan), 1998 – 2001; kemudian Pusat Standar dan Sistem Mutu (PSSM), 2001 – 2005; dan P2SMTP, 2005 - sekarang.

“1 Oktober 2004 lahirlah secara resmi P2SMTP - LIPI dan diproklamasikan bersama bahwa kita lahir 1 Maret 2005 karena kita pindah ke Puspiptek, 1 Maret 2005,” tambah kapus.

Dengan motto ‘Selaras, Maju, Tanggap, Profesional’ [semoga kita tetap bersama-sama untuk bersatu, menyelaraskan diri kita dengan memajukan institusi, kita tanggap dengan perubahan zaman, dan bersikap profesional] P2SMTP LIPI mempunyai kegiatan: penelitian, pengujian, pelatihan, bimbingan teknis, kerja sama penelitian, dan sertifikasi personil (SP) – LIPI dan kita juga mempunyai mitra yang luar biasa banyaknya, bagaimana kita tidak hanya di kenal oleh stakeholder kita, tetapi juga dengan melobi ke luar”, pesan pak Agus.

Kemudian pak Agus Fanar menyampaikan hasil raker LIPI, raker Jasil yang akan dibahas pada komisi pada hari ini, capaian kinerja P2SMTP – LIPI, kegiatan, kemudian branding dan SDM.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian dari komisi program, komisi branding, dan komisi ZIAP dan SDM. Selanjutnya sesi diskusi dan dapat dicatat beberapa hal sebagai berikut:

1. Membuat katalog produk dan layanan P2SMTP LIPI untuk dipublikasikan di situs layanan LIPI.

2. Memanfaatkan produk hasil kegiatan LIPI di lingkungan LIPI yang diarahkan sebagai contoh nyata       penggunaan produk LIPI oleh sivitas LIPI (uji terap dan show case).

3. Mempromosikan hasil-hasil penelitian P2SMTP.

4. Membuat program kampanye tentang pengendalian gratifikasi.

5. Membuat sosialisasi benturan kepentingan ke seluruh personel dan memantau implementasinya.

6. Pimpinan menunjukan bukti komitmen terhadap pembangunan zona integritas (ZI).

Dalam penutupannya plt. Deputi Jasil: “Kita bersyukur dapat membahas hal-hal yang sangat penting untuk kerangka kegiatan P2SMTP – LIPI 2017. Rasanya menjadi sebuah kegiatan rutin walaupun pimpinan LIPI berharap bahwa ini bukan rutin, bahwa satker LIPI kemudian raker Jasil, selanjutnya raker Satker; tetapi bagaimana menerjemahkan apa yang ditetapkan di dalam raker LIPI yang mungkin atau kadang-kadang kita masih melihat, bagaimana mengimplementasikannya, tanya plt. Deputi Jasil.

Jika kita melihat di dalam LIPI itu kedeputian jasil maka sebetulnya ada fungsi yang sangat berbeda sekali dengan kedeputian lain, yaitu kita harus menjadi jembatan antara LIPI dan stakeholders,” kata pak Mego Pinandito.

Bicara branding, kemarin jasil sudah melaksanakan suatu training ‘the power of branding’.  Salah satu  pertanyaan “Pak kapus , hasil kegiatan yang bisa  di P2SMTP – LIPI ada berapa pak? [Jawab dalam 5 detik]. Jadi pesan kemarin adalah kalau kita ingin mem-branding, maka di dalam pikiran kita harus sudah ada selalu minimal 10 kegiatan yang kalau di tanya apa hasilnya? Itu langsung keluar ‘1,2,3,4,5,6,7,8,9,10’,” ungkapnya.

“Saya menitipkan ini juga ke puslit Metrologi.  Kalau di tempat kami, karena saya masih menjadi kapus di sana, “Itu pelayanannya apa? Kalibrasi [titik] Nah artinya adalah, bagaimana kita melihat kembali hasil-hasil yang sudah ada. Bagaimana kemudian kita bisa membawa hasil-hasil itu menjadi sebuah solusi. Solusi kepada masyarakat, solusi kepada kementerian terkait dan sebagainya,” tambah beliau.

Catatan-catatan bahwa P2SMTP -LIPI sudah banyak sekali membina UKM-UKM, sehingga prosesnya menjadi lebih tertata rapih, dan bisa mengurangi reject dari produk-produknya, kemudian kemarin juga ada catatan penting bahwa P2SMTP – LIPI telah berhasil menguji satelit LAPAN sebelum diluncurkan dan sebenarnya masih banyak lagi yang belum terungkap, dan terdengar.

“Apa yang sudah kita diskusikan, menurunkan dari raker LIPI, raker Jasil, dan raker P2SMTP itu sendiri sudah diselesaikan mudah-mudahan menjadi pegangan teman-teman untuk melaksanakan kegiatan 2017. Seraya berdoa bahwa apa yang telah kita lakukan perencanaannya adalah untuk membantu masyarakat, untuk memberikan konstribusi yang besar bagi nusa dan bangsa,” doanya.

“Dan mudah-mudahan pula apa yang sudah kita lakukan hari ini dan besok, menjadi salah satu ibadah kita dan kita boleh mengharapkan pahala dari Allah swt.  Saya mengucapkan kepada seluruh sivitas P2SMTP LIPI telah bekerja keras membuat catatan perjuangan dan juga rencana kerja tim kemudian dapat dilaksanakan, dan ke depannya kita bersama-sama mengawal kegiatan P2SMTP – LIPI,” tutup pak Mego. (HARD)

Diposting oleh hard Pada 31-Maret-2017 16:37:00

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id