Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Penerapan Diklat Prajabatan Pola Baru di LIPI

Sesuai dengan UU No.5 Tahun 2014. ASN diharapkan dapat melaksanakan kebijakan publik yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas serta sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Untuk menjalankan fungsi tersebut dibutuhkan kompetensi yang dapat diindikasikan dengan kemampuan mengaktualisasikan lima nilai dasar,yaitu :

1. Kemampuan mewujudkan akuntabilitas
2. Kemampuan mengedepankan kepentingan nasional
3. Kemampuan menjunjung tinggi standar etika publik
4. Kemampuan berinovasi untuk peningkatan mutu
5. Kemampuan untuk tidak korupsi

Untuk dapat membentuk sosok ASN seperti tersebut di atas salah satu medianya yaitu dengan mengikuti diklat pra jabatan. Struktur kurikulum diklat prajabatan memiliki dua tahap pembelajaran yaitu tahap internalisasi nilai-nilai dasar profesi PNS dan tahap aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS. Peserta diklat prajabatan melaksanakan diklat dengan menggunakan sistem on-off campus.

Diklat Prajabatan Gol. III LIPI 2015 diselenggarakan di Pusat Pendidikan Zeni(Pusdikzi) TNI Angkatan Darat pada tanggal 2-17 November 2015 dilanjutkan 13-16 Desember 2015. Pada saat on campus, peserta mendapatkan materi mengenai pemahaman nilai-nilai dasar profesi PNS yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA). Metode pembelajaran yang digunakan berbeda dengan diklat prajabatan sebelum-sebelumnya, yaitu dengan menampilkan video terkait ANEKA, role play, visitasi, diskusi, presentasi dan metode lainnya yang menuntut peserta aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Pada saat off campus, peserta diklat mengaktualisasikan nilai-nilai dasar yang didapat selama on campus. Sebelum melakukan aktualisasi nilai-nilai dasar, peserta diklat prajabatan diwajibkan menyusun rancangan aktualisasi nilai-nilai dasar, dimana nilai-nilai yang sudah dipahami selama internalisasi (on campus) diimplementasikan pada kegiatan di tempat kerja (off campus) baik kegiatan yang berasal dari SKP, tugas tambahan dan kegiatan dengan inisiatif sendiri yang telah disetujui oleh atasan.

Dengan diklat prajabatan tipe baru ini satuan kerja akan menerima dampak positif karena kegiatan usulan perbaikan/inovasi dilakukan langsung di satuan kerja. Salah satu dampak positifnya adalah membantu satuan kerja dalam meningkatkan proses tata kelola organisasi dan kegiatannya. LIPI sebagai pusat lembaga akan menerima dampak positif juga dengan peningkatan performa organisasi di bawahnya. Hasil kegiatan diklatpun dapat menjadi produk yang dapat mengawali kerjasama antar organisasi atau dengan lembaga lain, misalnya dalam pengembangannya. Sinergitas antar lembaga tersebut dapat mendorong pergerakan pengembangan teknologi yang dapat meningkatkan daya saing bangsa.

Diklat Prajab Gol III LIPI 2015 merupakan penerapan diklat pola baru pertama kali di LIPI. Sehingga dalam pelaksanaannya masih banyak hal yang perlu ditingkatkan. Berikut saran yang semoga dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan diklat prajabatan tahun tahun mendatang, yaitu :

1. Mengkaji ulang penetapan lama waktu dan jadwal penyelenggaraan dengan mempertimbangkan banyaknya kegiatan dan target yang ingin dicapai. Karena akan disayangkan jika usulan kegiatan peserta diklat hanya mendokumentasikan kegiatan yang sudah dilakukan dan bukan membuat kegiatan baru yang bermanfaat meningkatkan tata kelola organisasi karena alasan keterbatasan waktu. Sehingga muncul kesan bahwa diklat ini diselenggarakan hanya pemenuhan UU ASN yang saja, bukan merupakan sarana strategis dalam peningkatan SDM LIPI
2. Sebagai Lembaga yang menjunjung tinggi Ilmu Pengetahuan dan penggunaannya, alangkah lebih baik jika diklat ini memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Contoh sederhananya ketika Lembaga Admnistrasi Negara sudah menerapkan penggunaan modul dengan softcopy akan lebih baik selama proses diklat LIPI menggunakan softcopy juga, karena pemborosan penggunaan kertas sangat dirasakan ketika pembuatan laporan rancangan dan aktualisasi kegiatan.
3. Mengkaji ulang form-form yang digunakan dalam kegiatan aktualisasi. Karena beberapa form memiliki kesamaan yang secara esensi tidak ada pengaruhnya jika dibuat berulang.

Referensi

Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III. 2015. Lembaga Administrasi Negara. Jakarta
LAN, Peraturan Kepala LAN no No 15 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III, Lembaga Administrasi Negara: Jakarta.
LIPI, 2014, Peraturan Kepala LIPI No.2 Tahun 2014, tentang Petunjuk Teknis Jabatan Funsional Peneliti, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia: Jakarta.
Undang-undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil negara. (Rahmi Kartika Jati)

Sumber: blog intra.lipi.go.id

Diposting oleh hard Pada 04-Januari-2016 15:07:46

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id