Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Raker LIPI 2017 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia : Re-Design Program Dan Kegiatan LIPI Dalam Upaya Peningkatan Kinerja LIPI

Benang merah branding (komisi branding raker LIPI):

  1. Branding upaya yang kontinue untuk membangun kepercayaan dan loyalitas
  2. Diplomasi LIPI optimasi diplomasi “Kebun Raya” sebagai “lobby ground”
  3. Perlu perubahan mind set sivitas LIPI sebagai “agent of branding” ini perlu dikelola dengan lebih sistematis
  4. Komunikasi internal perlu terus ditingkatkan dengan mengoptimalkan media yang ada
  5. Mengoptimalkan sosial media sebagai media branding
  6. Komunikasi branding LIPI harus berbasis pada data yang akurat
  7. LIPI harus bangga atas karya yang telah dihasilkan (menggunakan dan mempromosikan)
  8. LIPI harus lebih mampu mengembangkan informal lobby (membentuk tim lobbyst)

 

Pesan Kepala LIPI: “Semua kegiatan LIPI harus menghasilkan dua hal:

  1. Scientific contribution
  2. Make change!

 

Penandatanganan PK LIPI 2017

Dalam sambutan penandatanganan PK LIPI 2017, kepala LIPI menyampaikan poin-poin penting sebagai berikut:

  1. Satker mencari sumberpendanaan selain APBN
  2. Kepala LIPI tidak hanya manajer, tetapi juga desainer kegiatan
  3. LHA dari inspektorat jadikan sebagai bahan evaluasi bersama, bukan vonis

 

Dari ka.lipi:

- ka.satker tidak cukup sbg manajer saja tapi jg harus jd leader n desainer. Tdk cukup hanya kemampuan akademis dan intelektual saja tp juga kemampuan leader yg bisa menggerakkan civitas mencapai tujuan. Civitas bukan robot tp human yg pny belief dan nilai2, tercermin dari behaviournya.

- capaian LIPI selama 50 thn tdk semuanya memenuhi kriteria yg disusun: menjawab mslh bangsa. Utk selanjutnya kriteria program : (1) memiliki kontribusi ilmiah yg bermanfaat bgt masy global (2) memiliki dampak yg membuat perubahan.

- REN.kor dan REN.implem hrs menunjukkan rencana konkrit isu apa yg diadress utk dijawab masalahnya. Refocusing program hrs sampai pd isu apa yg dijawab dg program LIPI

- branding yg ingin dibentuk adalah branding yg punya ikatan emosional, tdk hanya branding yg biasa (org kenal/tahu LIPI) 

- solusi yg disodorkan harus yg inovatif, berbasis IPTEk, tdk linier

- penyusunan program harus berubah, yaitu harus dipikirkan sampai siapa penggunanya. Di dlm penelitian harus sdh embedded diseminasi, jgn setelah selesai baru berpikir diseminasi. Jgn ada lg bicara: tugas peneliti kan hanya meneliti, tapi harus berpikir kegiatan yg holistik. (hard)

Diposting oleh hard Pada 01-Maret-2017 14:03:07

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id