Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Beberapa Kemampuan P2SMTP

Unit Pelayanan Bergerak (UPB) atau "Klinik Sistem Mutu"

Spesifikasi Unit Pelayanan Bergerak (UPB) sebagai "Klinik Sistem Mutu" dengan maksud untuk menjangkau pelanggan yang terkendala oleh transportasi dan jarak. 

Keunggulan Konsultasi dibidang Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian di tempat pelanggan (in-situ).Memberikan pembelajaran/pelatihan untuk pelanggan ditempat pelanggan. Melakukan uji fungsi (functional test) peralatan industri, rumah tangga dan alat kesehatan yang berbasis elektrik dan elektronik di tempat pelanggan. Memberikan konsultasi sarana pelayanan bidang sistem mutu dan teknologi pengujian.

Pengguna Masyarakat Industri di sekitar kawasan Puspiptek, Kawasan Industri Cikarang dan Kawasan Industri lainnnya.

Aplikasi dan manfaat Penggabungan kegiatan Sistem Mutu dengan kegiatan Teknologi Pengujian, terutama untuk jenis peralatan pengujian yang mudah dipindahkan dengan menggunakan kendaraan (mobile). Maka unit pelayanan ini diberi nama Unit Pelayanan Bergerak Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (UPB-SMTP).

 


Bimbingan dan Pelatihan Berbasis Standard Internasional (SNI ISO 9001:2008, SNI ISO/IEC 17025:2008)

Spesifikasi Membangun sistem manajemen mutu internasional dan atau sistem manajemen laboratorium di institusi maupun lembaga berbasis standar internasional, yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar, serta karakteristik organisasi yang menerapkannya.

Keunggulan Tenaga ahli yang memiliki kompetensi di bidangnya dari berbagai disiplin ilmu, serta pengalaman, baik secara teoritis maupun aplikatif di lapangan. 

Aplikasi dan manfaat Membangun budaya mutu dan atau meningkatkan kompetensi teknis yang telah terbukti dan diakui secara internasional. 

Pengguna  Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti - LIPI, Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI,Pusat Penelitian Fisika, Pusat Penelitan Kimia, Pusat Penelitian Biologi, Pusat Penelitan Bioteknologi - LIPI, LAGG - BPPT, PT. BN, PT. BA, PDAM Surabaya, Baristand, LSML, SMK Triguna, SMKN 1 Gunung Putri, Universitas Muhammadiyah Malang, Lab. Kalgen, Politeknik Kesehatan Banjarmasin.

 


PENGUJIAN EMC – PERALATAN KELISTRIKAN

Spesifikasi Radiated Emission (mengetahui gangguan elektromagnetik pada peralatan secara radiasi), Fast Transient (mengetahui unjuk kerja unit uji terhadap gangguan induktif yang dihasilkan dari pengoperasian komponen elektromagnetik dengan beban pada saluran suplai daya dan saluran sinyal), ESD (mengetahui unjuk kerja unit uji terhadap gangguan elektrostatik unit uji yang bermuatan listrik), Radio Interference, Surge Immunity Test (menguji immunitas peralatan audio/video terhadap gangguan-gangguan elektromagnetik), Conducted Emission(mengetahui gangguan elektromagnetik pada peralatan secara konduksi), Main Terminal Disturbance, dll.

Keunggulan Didukung peralatan-peralatan Anechoic Chamber, GTEM, Shielded Room Conducted Emission Test, Shielded Room Immunity Test, Burst, Surge, Voltage Dips/Interruptions, ESD dan Power-frequency Magnetic.

Aplikasi dan manfaat Untuk mengetahui EMC dari suatu produk berbasis kelistrikan berdasarkan standar yang berlaku (CISPR series, IEC). Dari hasil pengujian yang dilakukan dapat diketahui suatu produk dapat beroperasi secara normal di lingkungan elektromagnetik tanpa terpengaruh ataupun menghasilkan gangguan terhadap peralatan kelistrikan lainnya.

Pengguna PT. Sucofindo, PT. Samsung, PT. LG.

  

 

PENGUJIAN EFEK LINGKUNGAN – BERAGAM PRODUK (OTOMOTIF, PLASTIK, DLL)

Spesifikasi Rentang kemampuan untuk efek temperatur dan kelembaban dari -40 oC sampai dengan +80 oC, dan RH 10% sampai dengan 95%. Ruangan Chamber berdimensi 4.07m x 4.07m x 2.10m (menggunakan Walk in Chamber). Sedangkan Thermal Shock Chamber untuk uji efek perubahan temperatur secara drastis pada +60 oC sampai +200 oC dan -65 oC sampai dengan 0 oC.

Keunggulan Peralatan terkalibrasi, pengujian dapat dilakukan terhadap banyak sampel sekaligus dan pemantauan temperatur di dalam Chamber dapat dilakukan sampai dengan 120 channel.

Aplikasi dan manfaat Mengetahui kualitas bahan atau produk, dan untuk mengetahui perubahan fungsi atau fisik setelah diberi perlakuan efek lingkungan.

Pengguna PT. Daihatsu, PT. Frina Lestari Nusantara, dll.

   


PENGUJIAN UPS (UNINTERRUPABLE POWER SUPPLY)

Spesifikasi Parameter Conducted Emission Test, Radiated Emission Test, Immunity Test (menguji immunitas peralatan audio/video terhadap gangguan-gangguan elektromagnetik), ESD (mengetahui unjuk kerja unit uji terhadap gangguan elektrostatik unit uji yang bermuatan listrik), Fast Transient Brust (mengetahui unjuk kerja unit uji terhadap gangguan induktif yang dihasilkan dari pengoperasian komponen elektromagnetik dengan beban pada saluran suplai daya dan saluran sinyal), Surge Immunity Test (mengetahui unjuk kerja unit uji terhadap gangguan induktif yang dihasilkan dari pengoperasian switch beban berat atau terhadap gangguan yang dihasilkan dari petir/kilat pada saluran suplai daya).

Keunggulan Didukung peralatan dengan spesifikasi yang memadai dan Sumber Daya Manusia yang unggul.

Aplikasi dan Manfaat Untuk mengetahui kualitas produk UPS sesuai standar yang berlaku.

Pengguna PT. Indodaya Cipta Lestari

  

Diposting oleh jak Pada 01-Juli-2013 03:17:41

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id