Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Bidang Teknologi Pengujian

Perkembangan iptek yang sangat pesat serta peran penting Laboratorium EMC yang sangat dibutuhkan dalam menjamin mutu, kualitas dan keamanan suatu produk mendorong Puslit SMTP-LIPI Bidang Teknologi Pengujian selalu mengembangkan kemampuannya baik infrastruktur maupun sumberdaya manusianya. Untuk kepentingan pengujian EMI dan EMS, Laboratorium EMC Puslit SMTP-LIPI telah mengembangkan berbagai sarana pengujian EMC antara lain Anechoic Chamber, GTEM, Shielded Room Conducted Emission Test, Shielded Room Immunity Test, Burst, Surge, Voltage Dips/Interruptions, ESD dan Power-frequency Magnetic. Untuk memenuhi sasaran tersebut, maka EMC dibagi menjadi dua bagian. EMI (Electromagnetic Interference) berhubungan dengan energi elektromagnetik yang dibangkitkan dan menghindari gangguan ke lingkungan sekitar. EMS (Electromagnetic Susceptibility) berhubungan dengan kemampuan perlatan beroprasi normal apabila terkena gangguan-gangguan elektromagnetik dari lingkungan. EMC selain berkaitan dengan mutu dan kualitas suatu produk, juga erat kaitanya dengan tingkat keamanan dan keselamatan bagi pemakainya. Oleh karena itu beberapa negara mensyaratkan produk-produk yang dipasarkan dinegaranya harus lolos pengujian EMC.
Electromagnetic Compatibility yang sering disingkat EMC adalah kemampuan suatu peralatan atau sistem untuk beroperasi secara normal di lingkungan elektromagnetik tanpa terpengaruh maupun menghasilkan interferensi terhadap lingkungannya. EMC berarti menghindari gangguan ke peralatan lain akibat interferensi melalui konduksi, radiasi atau induksi. Dengan kata lain, tidak terpengaruh dan menyebabkan interferensi pada sistem yang lain maupun menyebabkan interferensi pada dirinya sendiri.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan era perdagangan bebas, terutama untuk produk-produk peralatan elektronik, rumah tangga dan industri, perbaikan kualitas dan keamanan produk merupakan dua hal yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing suatu produk. Untuk menjamin dua hal ini, pengujian merupakan salah satu mata rantai penting dalam keseluruhan proses penciptaan suatu produk yang memenuhi standar. Laboratorium Pengujian Peralatan Kelistrikan Rumah Tangga dan Industri Bidang Teknologi Pengujian P2SMTP-LIPI adalah suatu lembaga yang mengembangkan kompetensinya dalam penelitian sistem dan metoda pengujian peralatan rumah tangga dan industri. Standar yang diacu antara lain ialah seri Standar IEC 60335 – Households and Similar Electrical Appliances – Safety, untuk peralatan rumah tangga seperti kipas angin, mesin cuci, lemari es, seterika listrik serta oven microwave, dan IEC 60065 – Audio Video and Similar Electronic Apparatus – Safety Requirement, untuk peralatan audio video seperti televisi dan DVD player.

Jaminan mutu (quality) dan jaminan keselamatan (safety) merupakan suatu persyaratan yang sangat mendasar untuk dipenuhi agar suatu produk dapat bersaing dengan produk dari luar dan aman digunakan oleh masyarakat pengguna. Oleh karena itu diperlukan suatu laboratorium pengujian peralatan kesehatan yang mengacu kepada suatu standar tertentu yang tertelusur baik nasional maupun internasional. Oleh karena itu, Bidang Teknologi Pengujian (BTP) P2SMTP-LIPI telah mengembangkan infrastruktur untuk laboratorium teknologi pengujian peralatan kesehatan (PPK) yang mempunyai tupoksi yaitu melakukan penelitian mengenai metode dan sistem uji untuk peralatan kesehatan juga melakukan jasa pengujian peralatan kesehatan yang berbasis kelistrikan.

 

Diposting oleh jak Pada 01-Juli-2013 05:45:40

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id