Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

MERAJUT KEMITRAAN DALAM RANGKA MENGUATKAN KEMAMPUAN MEMBANGUN BANGSA

Berdasarkan analisa SWOT, maka dalam rangka menghadapi tantangan ke depan yang cenderung semakin berat, Kelompok Penelitian Teknologi Mutu P2SMTP-LIPI menyadari bahwa kelompok ini tidak bisa berjuang sendirian.  Merangkul berbagai mitra yang ada, dan bersatu mencapai suatu tujuan tertentu, merupakan salah satu harapan dalam memperoleh hasil yang optimal.

Kata kunci seperti KISS (Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi, Simplifikasi) bukan hanya sekedar retorika saja, tetapi harus diimplementasikan dalam dunia nyata. Penelitian tentang Teknologi Mutu, memang bukanlah sesuatu yang dipahami oleh masyarakat umum. Teknologi Mutu atau dalam bahasa Inggrisnya Quality Technology atau Quality Engineering bukan sesuatu yang mudah dipahami maksud atau artinya. Hanya ada beberapa perguruan tinggi di dunia yang memiliki Faculty of Quality Technology. Tidak hanya perguruan tinggi. Lembaga-lembaga penelitian yang menggunakan istilah Quality Technology, juga tidak mudah ditemukan. Dengan demikian diperlukan persamaan pemahaman tentang apa itu Teknologi Mutu.

Teknologi Mutu secara sederhana, dapat diartikan sebagai pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan mutu suatu produk. Dengan pemahaman ini maka tidaklah sulit bagi Kelompok Penelitian Teknologi Mutu guna mendapatkan mitra untuk bekerjasama dalam membangun masyarakat, terutama masyarakat industri, guna meningkatkan mutu produk mereka.

Sebagai salah satu uji coba dalam membangun kemitraan, terutama dalam penelitian, maka Kelompok Penelitian Teknologi Mutu P2SMTP-LIPI telah menjajagi kerjasama dengan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang juga kebetulan menggunakan nama Teknologi Mutu, yaitu Sekolah Tinggi Teknologi Mutu Muhammadiyah Tangerang (STTMM).

Bak gayung bersambut, STTMM juga sangat mengharapkan dapat menjalin kerjasama dalam rangka meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah mereka rencanakan. Realisasi penjajagan ini, telah terjadi berupa pertemuan antara beberapa staf Dosen STTMM dengan P2SMTP-LIPI, yang terjadi pada tanggal 26 September 2017 yang lalu.

 

Walaupun belum secara resmi dibicarakan detil kerjasama antara kedua institusi, namun beberapa hal yang mungkin dapat dikerjasamakan adalah:

1.         Joint Research, baik topik yang berasal dari P2SMTP-LIPI maupun dari STTMM.

2.         Pengabdian pada masyarakat, berupa:

       a.  Bimbingan Teknik Standardisasi bagi UKM/IKM.

       b.  Diklat 

3.         Kerja Praktek bagi mahasiswa STTMM. 

Hasil dari kerjasama ini akan dievaluasi untuk meningkatkan mutu kerjasama itu sendiri. Selain itu dari evaluasi tersebut juga akan dijadikan dasar bagi Kelompok Penelitian Teknologi Mutu P2SMTP-LIPI.

Kerjasama yang juga akan diresmikan MOUnya oleh Kelompok Penelitian Teknologi Mutu adalah dengan UKM dan Dinas Perindagkop Kota Tangerang Selatan.

Tentu saja juga sangat diharapkan dapat membangun kerjasama dengan institusi di luar negeri, terutama di wilayah ASEAN segera dapat diwujudkan. Usaha-usaha ke arah tersebut dilakukan oleh para personil Kelompok Penelitian Teknologi Mutu P2SMTP-LIPI dengan mengikuti kegiatan yang bersifat internasional seperti Seminar-seminar Ilmiah Internasional.

Semoga ........ 

                                                                                    Kawasan Puspiptek, 08 Desember 2017.

Penulis: Ir. Djoko Agustono M.Sc.

Sumber: intra.lipi.go.id

 

                                                                                               

 

Diposting oleh hard Pada 09-Januari-2018 14:22:55

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bkj@ujimutu.com, sp_pustan@mail.lipi.go.id