Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Kajian Ramadhan P2SMTP LIPI 2018 (2)

Rabu, 30 Mei 2018/ 14 Ramadhan 1439 H, Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) LIPI melaksanakan Kajian Ramadan, di Gedung 417, Lantai 3, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan. Kajian Ramadan yang kedua ini dihadiri Kepala P2SMTP LIPI dan para sivitas.

Setelah melaksanakan Sholat Dzuhur Berjamaah, acara dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan Sari Tilawah, Surah Yusuf, ayat 108-109.

Pengajian diisi dengan tausiyah oleh Ustadz Fahmi dari Pondok Pesantren Darul Mukhlisin, Gunung Sindur, Bogor. Dengan tema “Refleksi Sejarah Nabi Yusuf AS dan Rahasia Kekinian.

Kisah Inspiratif, kisah terbaik dari Nabi Yusuf. Kalau kita membaca surah Yusuf dari ayat pertama hingga ayat 111, hanya menceritakan Nabi Yusuf. Alqur’an memberikan sebuah nama surat khusus dengan namanya [Surat Yusuf 12].

Pada saat Nabi Muhammad SAW mendapat musibah dan dapat mengobatinya yaitu surah Nabi Yusuf AS. Kisah Nabi Yusuf menginspirasi semangat Nabi Muhammad SAW.

Perjuangan yang luar biasa, kesabarannya, jabatannya, kebersamaannya, kesantunannya, liku-likunya, melewati masa-masa sulit.

Nabi Yusuf adalah putra Nabi Yaqub AS, saudaranya berjumlah sebelas orang. Sejak kecil Yusuf sudah menjadi anak piatu. Dia telah menunjukkan sikap yang terpuji, ia taat dan patuh kepada orang tuanya.

Yusuf belia dibuang saudaranya ke dalam sumur [membuat Nabi Yaqub menangis hingga buta], dijual, dibeli dan menjadi budak pembesar Mesir beristrikan Siti Zulaikho yang tergila-gila dengan ketampanan Yusuf.

Beranjak dewasa Yusuf difitnah, dimasukkan ke dalam penjara walau pun tidak bersalah. Di dalam penjaralah Yusuf diangkat menjadi nabi.

Karena mampu menjelaskan arti mimpi seorang Raja Mesir, kini Nabi Yusuf menduduki jabatan penting di Mesir. Hingga suatu hari, kakak-kakaknya datang ke Mesir dan Nabi Yusuf tidak mendendam – mereka pun kembali bersama dengan kakak-kakaknya, adik, juga ayahnya yaitu Nabi Yakub [dan Nabi Yaqub sembuh dari buta].

Dan, Nabi Yusuf dipersatukan dengan Siti Zulaikho pada saat sudah menjadi janda, fakir, buta, dan renta. Mereka menikah dan Siti Zulaikho kembali cantik, muda, dan dapat melihat.

Demikian kisah Nabi Yusuf manusia tertampan sedunia yang memiliki sepertiga kecantikan dunia di wajahnya.

Setelah tausiyah tentang Nabi Yusuf Alaihissalam, pengajian ditutup dengan doa dipimpin oleh Ustadz Fahmi.(HARD)

Diposting oleh hard Pada 30-Mei-2018 14:12:37

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bpsmtp@mail.lipi.go.id, sp_pustan@mail.lipi.go.id