Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Perubahan Standar ISO 19011:2018 - Pedoman Audit Sistem Manajemen

Sistem manajemen adalah sistem yang mengatur elemen-elemen yang saling terkait dari suatu organisasi untuk menetapkan kebijakan, tujuan, dan proses  untuk mencapai tujuan tersebut.

International Organization for Standardization  (ISO) saat ini memiliki lebih dari 70 standar sistem manajemen yang di bangun untuk membantu suatu organisasai agar dapat berkinerja lebih baik, lebih efisien, lebih hemat serta mempunyai keunggulan (Naden, 2018). Beberapa contoh sistem manajemen yang terkenal saat ini antara lain : Sistem manajemen Mutu, Sistem Manajemen Lingkungan, Sistem Manajemen Laboratorium, Sistem Manajemen Keamanan Pangan, Sistem Manajemen keamanan Rantai Pasok dan lain lain.

 

Untuk memastikan sistem manajemen yang digunakan oleh suatu organisasi dapat memberikan perbaikan yang berkelanjutan maka diperlukan adanya audit secara berkala.  Panduan untuk melakukan audit sistem manajemen telah diatur dalam standar ISO 19011. Panduan dalam standar ini bersifat fleksibel. Seperti ditunjukkan pada beberapa pasal dalam teks, penggunaan panduan ini dapat berbeda tergantung pada ukuran, sifat dan tingkat kematangan sistem manajemen organisasi, sifat dan kompleksitas organisasi yang diaudit, termasuk tujuan dan Iingkup audit yang akan dilaksanakan.

 

ISO 19011 pertama kali di keluarkan pada tahun 2002 dengan judul Pedoman Audit Sistem Manajement Mutu dan Lingkungan, yang berisi pedoman untuk mengelola program audit, pelaksanaan audit  serta kompetensi dan evaluasi auditor bagi calon pengguna seperti auditor, organisasi yang menerapkan sistem manajemen, organisasi yang menerapkan sistem manajemen karena kontrak, atau organisasi yang bergerak di bidang sertifikasi.

 

Pada tahun 2002 tersebut, standar sistem manajemen yang dikeluarkan ISOmasih belum banyak sehingga standar ini hanya berlaku untuk sistem manajemen mutu ISO 9001 dan sistem manajemen Mutu lingkungan ISO 14001.

 

Seiring dengan perkembangan zaman dan tumbuhnya beberapa standar sistem manajemen lain seperti sistem manajamen keamanan pangnan, maka pada tahun 2011  standar ini mengalami penyesesuaian menjadi : Pedoman Audit Sistem Manajemen. Perubahan besar yang terjadi adalah pedoman ini digunakan tidak hanya untuk mengaudit Sistem manajemen Mutu dan Lingkungan saja, tetapi dapat di gunakan untuk semua jenis sistem manajemen.

 

Selain itu, pada  standar ISO 19011 : 2011 ini sudah mulai di perkenalkan konsep resiko untuk audit sistem manajemen.

 

Tahun 2018 International Organization for Standardization  (ISO) kembali mempublikasikan perubahan pada Standar Pedoman Audit Sistem Manejemen ini.  Pembahasan perubahan standar ini di lakukan oleh Komite ISO/PC 302 yang sudah mulai bekerja sejak bulan April 2017 lalu. Lebih spesifik, perubahan utama yang terdapat dalam standar ISO 19011:2018, seperti disebutkan pada bagian foreword, adalah sebagai berikut:

-    penambahan pendekatan berbasis risiko terhadap prinsip-prinsip audit;

-    Perluasan panduan untuk mengelola program audit, termasuk risiko program audit;

-    Perluasan panduan untuk melakukan audit, khususnya bagian tentang perencanaan audit;

-    Perluasan persyaratan kompetensi umum untuk auditor;

-    penyesuaian terminologi untuk mencerminkan proses dan bukan objek ("hal");

-    penghapusan lampiran yang memuat persyaratan kompetensi untuk audit bidang sistem manajemen tertentu (karena banyaknya standar sistem manajemen, tidak akan praktis untuk memasukkan persyaratan kompetensi untuk semua disiplin ilmu);

-    perluasan Lampiran A untuk memberikan panduan dalam mengaudit konsep (baru) seperti kepemimpinan dan komitmen, audit virtual, pemenuhan (compliance) dan jaringan pasok (supply chain).


 Penulis: Devi Apriana

Diposting oleh hard Pada 31-Juli-2018 13:02:12

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bpsmtp@mail.lipi.go.id, sp_pustan@mail.lipi.go.id