Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Deklarasi Penerapan ISO 9001:2015 PO. Diana Hermawati

1 Agustus 2018, PO. Diana Hermawati adalah UMKM pertama di Kecamatan Gunung Sindur-Bogor yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan satu dari UMKM  Wilayah Bogor yang tersertifikasi  ISO 9001:2015 dengan bimbingan teknis dari Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) - LIPI dan Pusat Inovasi (Pusinov) – LIPI melalui kegiatan pemanfaatan Iptek LIPI.

Bertempat di Tamansari Bukit Damai, Blok AI, No. 21, Pedurenan, Gunung Sindur, Bogor dilakukan Deklarasi Penerapan ISO 9001:2015 ditandai dengan Penandatangan Komitmen “Penerapan SMM ISO 9001:2015” yaitu kebijakan mutu dan sasaran mutu didampingi narasumber P2SMTP-LIPI, Ade Khaerudin Taufiq dan Rahmi Kartika Jati, dan para perwakilan UMKM Gunung Sindur.

Dalam pengantarnya, Ade Khaerudin menyampaikan bahwa awalnya ibu Mila [selaku ketua Forum UMKM Kecamatan Gunung Sindur] mengikuti sosialisasi ISO 9001:2015 [untuk UMKM se-kabupaten Bogor] di Pusinov – LIPI Cibinong – waktu itu saya menjelaskan tentang ISO 9001:2015 untuk memuaskan pelanggan dan yang dijadikan contoh adalah Ibu Mila. Kemudian berlanjut sosialisasi se-Kecamatan Gunung Sindur di kelurahan Pengasinan, akhirnya ibu Mila menunjuk  bu Diana Hermawati [PO. Diana Hermawati] untuk diserifikasi ISO 9001:2015.

Tetapi yang perlu saya garis bawahi bahwa LIPI itu hanya bisa menghibahkan ilmunya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM.

Pak Ade sangat bersyukur, terharu, dan bangga nanti saat bu Diana (Hermawati) menjadi UMKM pertama di kecamatan Gunung sindur yang tersertifikasi ISO 9001:2015, adalah hasil kerja keras bu Diana dan kawan-kawan. Karena kami ingin mendarmabaktikan dari sisi LIPI-nya penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada kesempatan yang sama, Diana Hermawati menyatakan bahwa ISO 9001 penting bagi kami karena sebagian yang berkaitan dengan sistem mutu memang sudah diterapkan, tetapi berkaitan dengan teknis. Yaitu tentang cara pembuatan kosmetik yang baik dan benar cara pengolahan pangan yang baik dan benar. Untuk itu tentu didalamnya juga ada terlibat manajemen.

Dengan adanya ISO 9001 ini konsetrasinya lebih banyak pada manajemen. Penting buat kami untuk mandapatkan penilaian dari lembaga lain [selama ini penilaian oleh badan POM dan dinilai oleh ISO 9001:2015]. Sertifikasi sangat bermafaat bagi kami, bisa dikoreksi oleh pihak setifikasi ISO untuk melihat apa yang telah diterapkan.

Diana berharap LIPI tidak hanya memasyarakatkan ISO 9001 saja, tetapi ada yang lain, seperti me-upgrade standardisasi atau me-upgrade kompetensi atau me-upgrade pemasaran.  Saat ini alhamdulillah kami dipercaya dijadikan percontohan khususnya untuk UMKM di Kecamatan Gunung Sindur, semoga saya tidak mengecewakan.

“LIPI ini manfaatnya sangat banyak karena kita tahu bahwa LIPI adalah suatu lembaga yang memang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan (litbang) juga  inovasi. Menjadi pelajaran bagi kami untuk bisa mengaplikasikan yang didasari oleh komitmen teman-teman karena tidak mungkin kita berjalan  sendiri,” tambah Diana.

Selanjutnya bu Mila mengucapkan terima kasih kepada bu Diana yang telah menerapkan ISO 9001. Kenapa saya pilih bu Diana karena saya pikir bu Diana berawal dari kabupaten dan tingkat kabupaten bu Diana terpilih dan di tingkat provinsi pun bu Diana terpilih. Saya juga melihat bukan hanya produknya yang benar-benar bagus. Semua se-kabupaten teman-teman sudah sangat mengenal bu Diana itu siapa. Jadi saya tidak salah orang menjadi percontohan. Karena bu Diana juga tidak hanya memikirkan produknya, perizinanya pun semua bu Diana rapihkan.

Bu Mila berharap, teman-teman di UMKM nanti, kita bisa sinergi, dan juga mengembangkan semua usahanya. Tidak hanya di tingkat kabupaten, provinsi, dan mungkin internasional juga dengan dapatnya ISO 9001:2015. Saya berharap, LIPI juga bisa terus berkembang bersama teman-teman kami yang lainnya, membantu bagaimana caranya untuk mengembangkan suatu usaha.HARD

Diposting oleh hard Pada 01-Agustus-2018 10:13:30

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bpsmtp@mail.lipi.go.id, sp_pustan@mail.lipi.go.id