Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Forum Fungsional: Penguatan Peran Peneliti, dan Inovasi Riset

Kamis, 2 Agustus 2018 Pusat Pelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) LIPI menyelenggarakan Forum Fungsional (FF) dengan tema menguatan “Penguatan Peran Peneliti, dan Inovasi Riset”, dengan pembicara Nurul Taufiqu Rochman dan R. Harry Arjadi. Acara dilaksanakan di Gedung 417, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan yang diikuti pegawai di kawasan Puspitek.

Kepala P2SMTP-LIPI, Agus Fanar Syukri dalam pembukaannya menyampaikan bahwa FF ini rutin kami laksanakan setiap seminggu/sebulan sekali, bukan untuk internal P2SMTP – LIPI saja, kami mencoba buka ke eksternal terutama ke teman-teman di LIPI maupun satker-satker di kawasan Puspiptek.

Forum ini kami berharap dengan ada pemancing untuk diskusi  kami berharap ada interaksi dengan bapak-ibu saling berkenalan, saling memperluas ide, dan kedepan nanti mungkin ketemu 2-3 kali lagi saya berharap bapak-ibu punya tema yang sama yang bisa dikeroyok bersama-sama.

Kedepan bapak-ibu, forum ini dalah forum awal saja, bukan mendengarkan presentasi, tetapi saya berharap ada interkasi perkenalan diantara kita, kalau kita ada perkenalan akan ada kerja sama diantara kita di masa yang akan datang.

“Selamat datang, selamat menikmati dan berdiskusi . Selamat mengikuti FF ini, dan semoga tidak hanya di SMTP, mungkin di tempat-tempat lain juga ada yang sejenis. Kami sangat mengapresiasi bapak-ibu, selamat berdiskusi, selamat bersilaturahim, dan jangan hanya datang mendengarkan dan tidak ada perkenalan” ucap pak Gusfan.

Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan presentasi oleh Nurul Taufiqu Rochman. Pak Nurul berbagi bagaimana strategi mengkomersialkan hasil litbang. Ada empat hal yang disampaikan:

Hasil-hasil riset menuju komersialisasi;Tantangan dan mekanisme;Contoh model organisasi;Berbagi pengalaman.

Pembicara kedua, R. Harry Arjadi menyampaikan tentang Peranan Teknologi Pengujian

Pengujian itu sudah menjadi sesuatu yang harus dilakukan. Kita bisa lihat setiap produk harus melalui pengujianm sudah dilakukan pengujian, jadi pengujian sudah makanan sehari-hari.

Pengujian adalah mencari tahu seberapa baik suatu produk bekerja. Kita tahu pada iklan-iklan sudah banyak dan menteri perdagangan sudah mulai mengiklankan tentang arti pentingnya suatu produk yang sudah diuji dan belum diuji. Bahwa semua produk harus diuji lalu muncullah lab-lab pengujian. Lalu Teknolgi Pengujian seperti apa?

Teknologi Pengujian adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk penerapan secara praktis, dalam melakukan pemeriksaan secara kualitas, kinerja, tau keandalan (suatu produk), terutama sebelum menggunakannya secara luas atau dipraktikkan.HARD

Diposting oleh hard Pada 02-Agustus-2018 15:00:43

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bpsmtp@mail.lipi.go.id, sp_pustan@mail.lipi.go.id