Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Mempopulerkan Riset LIPI untuk Masyarakat

Serpong, Humas LIPI. Dalam rangka memberikan informasi yang baik pada masyarakat mengenai hasil-hasil riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Biro Kerja Sama, Hukum, dan Hubungan Masyarakat (BKHH) LIPI menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD): Usulan Konten Kehumasan, pada Rabu (24/3) secara virtual. “Pada pertemuan FGD Kehumasan ini, kami ingin mendata maupun mendapatkan masukan dan saran dari para peneliti di kawasan Serpong,” ujar Dyah Rachmawati Sugiyanto, Koordinator Humas dan Protokol BKHH – LIPI.

Acara ini dilakukan untuk menyatukan dan mengindentifikasi riset apa saja yang sudah berjalan, maupun yang akan berjalan pada tahun ini. “Setelah mendapatkan info riset dari para peneliti, tim Humas ingin mengolah info tersebut menjadi konten kehumasan dalam bentuk feature, narasi, maupun media sosial,” jelas Dyah.

Dalam paparannya, Dyah menyampaikan capaian Kehumasan LIPI tahun 2020 dan strategi Kehumasan LIPI tahun 2021. “Pada tahun 2020 kemarin BKHH LIPI menghasilkan kegiatan virtual melalui Zoom dan youtube sebanyak 274 kegiatan,” ungkapnya. “Kemudian untuk jumlah siaran pers, kami sudah menerbitkan 85 siaran pers, dan untuk pemberitaan dalam satu tahun, sudah mencapai 2.639 berita,” lanjutnya.

Menurut Pranata Humas Madya LIPI ini, pemberitaan terbanyak ada di bulan Februari 2020, pada saat terjadi pandemi Covid-19, di tengah kegalauan dari publik kemudian LIPI menghadirkan konten tentang pembuatan hand sanitizer. “LIPI itu memberikan solusi, jadi kita harapkan LIPI selalu menjawab kegalauan dan kegelisahan publik,” tegasnya. “Oleh karena itu, LIPI harus selalu memperbarui data apa yang terjadi dan apa yang sedang berkembang di satuan kerja LIPI,” imbuhnya.

Pada acara diskusi, perwakilan dari masing-masing kelompok penelitian dari Pusat Penelitian (P2) Fisika, P2 Metalurgi dan Material, dan P2 Teknologi Pengujian, menyampaikan hasil risetnya berupa produk, aplikasi, teknis, fasilitas, serta mitra kerja sama. “Riset-riset LIPI di Serpong ini sangat menarik, kami berharap ada konten-konten hasil riset untuk bisa diinformasikan, dipromosikan, dan dipublikasikan secara korporat dengan bahasa yang populer,” tutup Dyah. (hrd/ ed. adl)

Diposting oleh Humas LIPI Serpong Pada 24-Maret-2021 12:38:33

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bpsmtp@mail.lipi.go.id, sp_pustan@mail.lipi.go.id