Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Pelayanan Publik Di Masa Pandemi Studi Kasus Pusat Penelitian Teknologi Pengujian (P2TP) - LIPI dalam Penanganan Percepatan Penanggulangan Covid 19 di Indonesia

Pelayanan Publik Di Masa Pandemi

Studi Kasus Pusat Penelitian Teknologi Pengujian (P2TP) – LIPI

 dalam Penanganan Percepatan Penanggulangan Covid 19 di Indonesia

oleh :

Erna Martini, SE

Fungsional Perencana Madya - Pj. Monev P2TP Tahun 2020

 

  1. 1.     Pendahuluan

Penyakit virus corona (Covid 19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini diketemukan. Virus Covid 19 mulai teridentifikasi pertama kali di Wuhan, China pada bulan Desember 2019 dan hanya dalam waktu sebulan virus ini terus menyebar ke seluruh dunia.  Selanjutnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID 19 sebagai pandemi global pada bulan Maret 2020.

Wabah ini terus menghantui orang di dunia ini, dengan semakin meningkatnya angka infeksi dan kematian akibat Covid 19 ini, Penyebaran virus corona secara global masih terrus bertambah. Melansir dari lMn Worldometers, hingga Rabu 19/5/2021 tercatat kasus covid 19 di dunia terkonfirmasi sebanyak 164 juta kebih kasus. (Kompas, 19/5/2021).

  1. 2.     Pembahasan

Pandemi yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 telah banyak membawa perubahan bagi masyarakat. Salah satunya adalah perubahan kebiasaan dan perilaku masyarakat. Karena Pemerintah sejak awal pandemi menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah dan tetap produktif di dalam rumah. Selain berdampak besar pada perekonomian dimana banyak perusahaan melakukan pengurangan karyawan atau malah bangkrut. Pandemi juga merubah gaya dan kebiasaan hidup masyarakat yang sekarang lebih memperhatikan kesehatan.. dimana masyarakat diharuskan untuk memakai masker dan pelindung diri lainnya seperti hand sanitaiser dan disinfektan.

Penanganan pandemi yang telah dilakukan oleh pemerintah antara lain  memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di berbagai daerah untuk membatasi pergerakan warga. Selain itu pemerintah juga mengambil kebijakan refocusing anggaran untuk percepatan penanggulangan Covid 19, sehingga seluruh kegiatan difokuskan untuk percepatan penanggulangan Covid 19 termasuk kegiatan penelitian.

Pusat Penelitian Teknologi Pengujian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2TP-LIPI) merupakan salah satu satuan kerja setingkat eselon 2 di bawah LIPI yang mengemban tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, pemberian bimbingan teknis dan supervisi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penelitian teknologi pengujian.

Sejalan dengan kebijakan tersebut dan dengan memperhatikan kemampuan internal untuk merespons tantangan dan peluang di lingkungan eksternal serta memberdayakan sumber daya manusia yang dimiliki, P2TP-LIPI melakukan penelitian untuk berkontribusi membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan Covid 19 melalui kegiatan penelitian :

  1. a.     Kegiatan Sistem Verifikator IR Termometer Pendeteksi Suhu Tubuh Manusia untuk Antisipasi Gejala Covid 19

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pencegahan penyebaran covid 19, saat ini dilakukan pengamatan suhu tubuh di banyak area public dengan menggunakan thermal scanner dan termometer infrared (IR Thermometer). Kinerja termometer ini sangat bergantung pada pengguna/operator, jarak antara termometer dan kulit juga dapat mempengaruhi akurasinya. Untuk itu diperlukan sistem validasi pengukuran termometer infrared untuk memastikan akurasinya.

Kegiatan ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem validasi pengukuran termometer infrared dan diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk validasi pengukuran termometer infrared yang saat ini sedang banyak digunakan. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah berkontribusi dalam antisipasi penyebaran Covid 19 dan meningkatkan peran serta LIPI dalam mendukung pengurangan penyebaran Covid 19. Keunggulan dai sistem ini adalah sistem validasi termometer infrared yang mudah dibuat dan murah.

Kegiatan ini telah berhasil merancang sistem verifikasi termometer infrared menggunakan mikrokontroler Arduino, pemanas DC, sensor PT100, dan komponen lainnya (Gambar 1). Sistem dapat berfungsi, namun baru sampai tahap surface measurement. Dari pengujian yang dilakukan, terdapat overshoot sebesar 6,7% dan keadaan tunak tercapai pada menit ke-180. Hasil pengujian menunjukkan sistem berfungsi dengan baik dan dapat memberikan kemudahan dalam verifikasi termometer infrared berupa prototipe verifikator termometer infrared untuk pengujian suhu tubuh.

 

   

(a) Hasil perancangan sistem elektronik

(b) Hasil penggabungan sistem elektronik dan mekanik

Gambar 1. Progres kegiatan

 

  1. b.    Kegiatan Peran Teknologi Pengujian pada Ventilator dalam Mendukung  Penanganan Pandemi Covid 19 di Indonesia

Kegiatan ini bertujuan untuk membuat metode atau instruksi kerja pengujian ventilator berdasarkan standard ISO 80601- 2-12. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah termanfaatkannya metode atau instruksi kerja pengujian ventilator terutama ventilator hasil karya anak bangsa untuk mengatasi pandemik Covid- 19 di Indonesia. Dengan outcome berupa tersedianya metode atau instruksi kerja pengujian ventilator terutama ventilator hasil karya anak bangsa untuk mengatasi pandemic Covid 19 di Indonesia.

Kegiatan penelitian menghasilkan kajian yang tertulis dalam Bunga Rampai mengenai Ventilator dan parameter pengujiannya, serta hasil pengukuran prototipe ventilator yang dihasilkan para peneliti baik dari lembaga penelitian maupun industry. Bunga Rampai yang dihasilkan membahas mengenai pengenalan ventilator dan parameter- parameter pengujiannya yang didasarkan pada standar IEC 680601-2-20: 2020.

Kontribusi yang disumbangkan dalam Percepatan Penanggulangan Covid 19 berupa Parameter- parameter pengujian ventilator yang diharapkan bisa menjadi pedoman bagi laboratorium pengujian dalam melaksanakan pengujian ventilator hasil karya anak bangsa dalam hal penanganan pandemic Covid 19 di Indonesia.

  1. 3.     Kesimpulan

Virus Covid 19 mulai  teridentifikasi pertama kali di Wuhan, China pada bulan Desember 2019 dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Covid 19 sebagai pandemic global pada bulan Maret 2020. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menanggulangi meluasnya penyebaran virus Covid 19 antara lain dengan cara Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat selain itu pemerintah juga meminta kementerian/lembaga untuk mefokuskan kegiatan pada percepatan penanggulangan  Covid 19.

Dengan memperhatikan kemampuan internal dan memberdayakan sumberdaya yang ada Pusat Penelitian Teknologi Pengujian ikut ambil bagian berkontribusi dalam upaya percepatan penanggulangan Covid 19 melalui kegiatan penelitian :

  1. Sistem Verifikator IR Termometer Pendeteksi Suhu Tubuh  Manusia untuk Antisipasi Gejala Covid 19

Hasil pengujian dapat memberikan kemudahan dalam verifikasi termometer infrared

Keunggulan dai sistem ini adalah sistem validasi termometer infrared  yang mudah dibuat dan murah.

  1. Peran Teknologi Pengujian pada Ventilator dalam Mendukung Penanganan Pandemi Covid 19 di Indonesia

Kontribusi yang disumbangkan dalam Percepatan Penanggulangan Covid 19 berupa Parameter- parameter pengujian ventilator yang diharapkan bisa menjadi pedoman bagi laboratorium pengujian dalam melaksanakan pengujian ventilator hasil karya anak bangsa dalam hal penanganan pandemic Covid-19 di Indonesia.

 

 

 

Diposting oleh Erna Martini Pada 29-Juni-2021 17:47:41

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bpsmtp@mail.lipi.go.id, sp_pustan@mail.lipi.go.id